Install Windows dengan USB Flashdisk

Sekarang ini banyak sekali muncul netbook dipasaran, berbagai vendor baik yang besar maupun lokal mempunyai netbook. Netbook ini memang sangat praktis, karena bentuknya yang mungil tetapi tidak berarti performanya ecek-ecek netbook cukup powerfull tidak hanya untuk sekedar office ataupun browsing tetapi juga untuk digital imaging masih mampu ditangani oleh netbook.

Salah satu kelemahan netbook adalah tidak adanya optical drive sehingga bila kita membutuhkan untuk menginstal ulang windows kita harus menggunakan optical drive external yang artinya kita harus keluar biaya tambahan untuk membelinya.

Ada alternatif lain untuk menginstal windows ke netbook atau komputer apapun selain menggunakan Optical Drive, yaitu menggunakan USB FlashDisk. Namun kita tidak bisa begitu saja mengcopy sebuah CD windows kedalam Flashdisk kita, karena tidak akan bisa di boot oleh komputer. Untuk itu kita harus menggunakan program yang namanya win setup from USB yang bisa di download di sini. Berikut saya berikan tutorial untuk menggunakannya.

1. Instal winsetupfromusb yang udah didownload tadi di komputer yang ada CD ROMnye
2. Copy paste isi dari CD Windows di sembarang folder, misal D:\WinXPHomeUSB (bole juga CD XP laen ato Vista Ato 7, saran saya copy dulu ke hardisk biar transfer rate ke FD ga lemot)
3. Tancapkan flash disk yang mau kita pakai buat menginstal windows dari CD tadi
4. Jalankan aplikasi WinsetupfromUSB yang udah diinstal. Nih biasanya dishortcut tidak ada, jadi harus buka folder instalannya. Biasanya ada di C:\WinSetupFromUSB
5. Format Flashdisk dengan HP Format yang ada di Winsetupfromusb
6. Dah selesai format, ada kolom Windows XP/2000/2003 source. Klik browse, cari file xp yang kita copy tadi
7. Pada USB Disk selection, pilih flash disk yang udah diformat
8. Lalu klik GO untuk mulai transfer data
9. Ditengah-tengah proses akan ada pop-up, klik aja agree. Biarkan prosesnya sampai selesai
10. Done. Flash disk anda sekarang udah bisa buat instal windows
11. Jangan lupa, aktifkan booting pertama kali dari USB di bios kalau mau instal windows pake flashdisk. Restart komputer anda dan pilih option yg pertama windows setup akan segera berjalan selanjutnya silakan anda menginstal windows seperti biasa
12. Selamat mencoba

Comments :

0 komentar to “Install Windows dengan USB Flashdisk”

Posting Komentar